Pastikan Kesiapan Sambut Wisatawan Muslim ,  Jepang Gandeng JHTC Indonesia

Wisata Keluarga Muslim di Jepang , (Foto Instagram @halal_japan)

ChanelMuslim.com – Jepang semakin bergeliat menyambut wisatawan Muslim Indonesia untuk mengunjungi Negara Sakura ini. Bahkan keseriusan Jepang menjadi destinasi wisata Halal dibuktikan oleh Ryomo Muslim Inbound Development Council (Majelis Muslim)  dengan mengandeng Japan Halal Tour Center (JHTC) Indonesia. Tujuan utama kerjasama ini memastikan kesiapan industri pariwisata halal Jepang terutama di tiga kota Tokyo, Sano City dan Nikko City. Hal tersebut disampaikan langsung oleh President Japan Halal Tour Center (JHTC), Ahmad Husaini.
“Tujuan kunjungan rombongan JHTC Indonesia ke Jepang, tepatnya di Tokyo, Sano City dan Nikko City, untuk memastikan kesiapan industri pariwisata halal yang saat ini menjadi konsentrasi bagi sejumlah kalangan pengusaha maupun pemerintah setempat,” ujar Husaini yang memulai perjalanan bersama rombongan sejak 6 Agustus lalu kepada chanelmuslim.
Selain itu, tambah CEO Royal Traveling Indonesia ini, kunjungan JHTC juga untuk memberikan masukan mengenai fasilitas halal.

Rombongan Halal Tour Jepang saat silaturahmi dengan Tim JHTC (Instagram @rittravel_id)

 “JHTC juga  diminta untuk memberikan masukan mengenai fasilitas halal di area kuliner, hotel maupun tempat-tempat wisata di tiga kota tersebut,” ungkap Travelpreneur ini lagi.
Ahmad Husaini menuturkan bahwa ada tiga kerjasama yang dijalin. Yakni, pertama, sertifikasi halal, pertukaran wisatawan dan  pertukaran informasi dan pengetahuan. 
“Kerjasama ini diharapkan wisatawan Muslim di Indonesia bisa mengetahui fasilitas wisata yang sudah dijamin halal. Begitu sebaliknya, pemerintah setempat bisa mendapatkan masukan dari JHTC terkait penyiapan fasilitas-fasilitas halal di Kota Sano,” tegas Husaini.

Ustad Fatih Karim dari Japan Halal Tour Center saat mengunjungi Restoran Halal di Kota SanoCity Jepang (Instagram @fatihkarim)

Hingga hari Selasa (9/8), Ahmad menilai standar fasilitas halal di Jepang minimal harus memenuhi dua hal, yakni makanan dan fasilitas ibadah, seperti di restoran, hotel dan tempat-tempat umum. 

BACA JUGA  92 Cara Mudah Membiasakan Anak Sholat

“JHTC melihat ketersediaan fasilitas shalat di Restoran Wakaba (menu shushi) di Sano, Asakusa Sushi Ken (menu sushi) di Taito, dan Sano Premium Outlets di Sano,”laporan Ahmad.

BACA JUGA  Nasi Penggel, Kuliner Kebumen Untuk Sarapan Pagi

Selain itu, rombongan JHTC  juga mengunjungi Masjid Tokyo Cami’ atau Islamic Center di Tokyo, Moslem Community di Taito, serta beberapa destinasi wisata lainnya yang berpotensi dikunjungi wisatawan muslim.

(jwt/whn)